logo

 

Written by Super User on . Hits: 19

Pengadilan Agama Sijunjung Tanggapi Kebutuhan Mendesak Penyandang Tuna Netra Dengan Menghadirkan Jalur Pemandu (Guiding block)

Tuntutan masyarakat agar terwujudnya pengadilan yang inklusif sudah semakin menjadi arus utama. Pengadilan inklusif adalah pengadilan yang memastikan adanya kesetaraan dan penghargaan atas perbedaan sebagai bagian dari keberagaman dan memandang disabilitas yang berhadapan dengan hukum sebagai manusia yang bermartabat. Pengadilan inklusif juga diartikan sebagai pengadilan yang ramah, aman dan kondusif bagi semua warga Negara tanpa terkecuali.

2

Pengadilan Agama Sijunjung terus hadir dan merespon secara cepat hal tersebut dengan memberikan layanan yang aman, ramah dan nyaman bagi penyandang disabilitas karena Negara menjamin perlakuan yang sama harus diberikan kepada semua warga Negara tanpa ada diskriminasi.

1

Pengadilan Agama Sijunjung selalu berusaha untuk memperkuat akses keadilan bagi kelompok rentan sebagai upaya peningkatan layanan dan kinerja organisasi. Memperkuat akses berarti menyediakan sarana dan prasarana untuk kemudahan layanan. Salah satu kelompok rentan yang penting diperhatikan adalah penyandang disabilitas.

WhatsApp Image 2022 11 24 at 15.20.54

Salah satu prasarana yang mendesak dibutuhkan oleh penyandang disabilitas adalah jalur pemandu. Jalur pemandu adalah jalur yang dibangun dengan memanfaatkan tekstur ubin untuk membantu difabel netra yang berjalan menggunakan tongkat pemandu. Jalur pemandu dipasang pada pintu masuk/keluar dari dan ke tangga dan menghubungkan antara jalan dan bangunan. Terdapat 2 jenis jalur pemandu yaitu guiding block dan warning block. Guiding block berbentuk tekstur garis panjang sebanyak 4 garis untuk memandu arah berjalan bagi tuna netra, sedangkan warning block berbentuk tekstur bulat sebanyak +36 buah yang merupakan pemberi peringatan terhadap adanya perubahan situasi di sekitar agar pengguna lebih waspada.

4

Pemasangan jalur pemandu menuju PTSP ini merupakan aksi perubahan dari Muzakir (Sekretaris Pengadilan Agama Sijunjung) selaku peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan II 2022. Sekarang pengguna layanan dari penyandang tuna netra tidak perlu ragu lagi berurusan ke PTSP Pengadilan Agama Sijunjung karena sudah bisa memanfaatkan jalur pemandu tersebut dengan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Video Jalur Pemandu (Guiding Block) dapat ditonton pada Instagram Pengadilan Agama Sijunjung https://www.instagram.com/p/ClVhDV1Pvza/?utm_source=ig_web_copy_link

8753

#BerAKHLAK
#BanggaMelayaniBangsa
#pasijunjungSIAP
#pasijunjung
#ptapadang
#ditjenbadilag
#mahkamahagungri

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sijunjung
Jl. Prof. M. Yamin, SH No. 65,
Muaro Sijunjung,
Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung,
Sumatera Barat.

Telp. : (0754) 2200565,
Fax. : (0754) 20734,
WhatsApp Informasi : wa
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

peta pa

Pengadilan Agama Sijunjung@2021