logo

 

Written by Selly Tria Amanda, A.Md.A.B on . Hits: 27

Rapat Inovasi Pengadilan Agama Sijunjung
Kamis, 8 September 2022
SIJUNJUNG - Untuk memaksimalkan Kinerja dan Perubahan untuk memajukan Pengadilan Agama Sijunjung, Tim Inovasi Pengadilan Agama Sijunjung Mengadakan Rapat Internal. Rapat yang bertempat diruangan media center ini dimulai Pukul 14.00 WIB dan dihadiri oleh Bapak Wakil Ketua Nurhadi, S.H.I., M.H., beserta semua tim Inovasi.
 
WhatsApp Image 2022 09 08 at 19.06.18
Rapat dibuka oleh Bapak Robbil Alfires, S.Sy., dengan membacakan agenda-agenda yang akan dirapatkan. Ada beberapa Agenda rapat inovasi ini, diantaranya:
1. Usulan nama Inovasi;
2. Usulan penanggung jawab pembuatan SOP dan Manual Book Inovasi
3. Usulan petugas Inovasi
4. Peluang inovasi untuk peningkatan nilai laporan triwulan
Sejauh ini Pengadilan Agama Sijunjung telah membuat setidaknya 19 Inovasi. Dalam Inovasi-inovasi yang dibuat, ada beberapa inovasi yang telah berjalan dan ada juga yang masih dalam pengkajian dan perbaikan.
 
WhatsApp Image 2022 09 08 at 19.06.18 2
Sebagai contoh Inovasi yang telah sukses dijalanakan Pengadilan Agama Sijunjung yaitu Inovasi "SIDIKA" dan "LN_TERA". Inovasi "SIDIKA" yaitu Edukasi Dispensasi Kawin bagi anak dibawah umur, yakni umur 19 tahun kebawah.Tujuan inovasi ini memudahkan bagi anak yang mendapat dispensasi kawin untuk dimudahkan dalam proses pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan bimbingan psikologi dari dinas terkait. Inovasi "SIDIKA" ini tercipta atas kerjasama antara Pengadilan Agama Sijunjung dengan Dinas Kesehatan Kab. Sijunjung, serta Kerjasama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sijunjung.
Yang kedua yaitu Inovasi "LN_TERA", Dimana Inovasi ini adalah Layanan Terpadu Dokumen Administrasi Kependudukan. Inovasi ini memudahkan masyarakat pencari keadilan di Pengadilan Agama Sijunjung (khususnya perceraian) yang telah putus Perkaranya dan berkekuatan hukum tetap (BHT) serta telah terbit akta cerai bisa langsung mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP yang baru sehingga mereka tidak perlu datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL). Mereka cukup memenuhi persyaratan yang diperlukan oleh Disdukcapil, lalu diurus oleh petugas Pengadilan Agama Sijunjung. Kepengurusan ini tanpa dipungut biaya sepersen pun, alias gratis. Inovasi ini tercipta berkat kerjasama Pengadilan Agama Sijunjung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kab. Sijunjung.
 
WhatsApp Image 2022 09 08 at 19.06.18 1
Dengan terciptanya inovasi-inovasi ini dapat memudahkan pekerjaan Pegawai Pengadilan Agama Sijunjung dan juga bertujuan untuk membantu masyarakat pencari keadilan yang datang ke Pengadilan Agama Sijunjung dapat menyelesaikan perkaranya dengan mudah dan cepat.
 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sijunjung
Jl. Prof. M. Yamin, SH No. 65,
Muaro Sijunjung,
Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung,
Sumatera Barat.

Telp. : (0754) 2200565,
Fax. : (0754) 20734,
WhatsApp Informasi : wa
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

peta pa

Pengadilan Agama Sijunjung@2021