Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018 Pengadilan Agama Sijunjung
Hari Rabu , 21 November 2018
Terjemah Ke Bahasa Lain


logo mahkamah agung website ramah difable

Assalamu'alaikum Wr. Wb. | Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sijunjung | Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online




Artikel Terbaru

Pengumuman

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018

Pemerintah menetapkan hari pertama Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018. Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jl M. H. Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Penetapan ini didasarkan pada hasil sidang itsbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama sendiri.

Lukman Hakim menjelaskan, dari 95 titik pengamatan hilal yang tersebar di 32 propinsi, tidak ada satupun perukyat yang dapat melihat hilal. Oleh karena itu, sesuai aturannya maka bulan Sya’ban digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari.

Berdasarkan sistem hisab, bahwa ijtimak awal Ramadan 1439 H jatuh pada hari Selasa, 15 Mei 2018 bertepatan dengan tanggal 29 Sya'ban 1439 H pukul 18:48 WIB. Tinggi hilal pada saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berkisar antara -1o 36’ sampai dengan -0o 2’. Dari data-data tersebut memang kecil kemungkinan bahkan dipastikan hilal tidak bisa dilihat.

Seperti tahun lalu, sidang itsbat kali ini dilakukan secara tertutup. Sidang itsbat dihadiri oleh Dirjen Badan Peradilan Agama sebagai perwakilan dari Mahkamah Agung, Komisi VIII DPR RI, MUI, BMKG, LAPAN. Selain itu hadir pula dari Bosscha ITB, Planetarium, dan Ormas-ormas Islam.

 

Sumber: web BADILAG

Posting oleh: Zamzami Saleh, Lc (CPNS-CAKIM 2018)

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan dibawahnya, silahkan kunjungi, baca peraturannya, serta ikuti dan masukkan penawaran anda.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI. Portal ini merupakan media pembelajaran dan pelatihan secara elektronik (eLearning) yang dikhususkan bagi warga peradilan agama di seluruh Indonesia. Banyak manfaat yang didapatkan dari program eLearning ini. Beberapa manfaat itu antara lain adalah menghemat waktu dan biaya, menjangkau lebih banyak partisipan dari berbagai daerah dengan kondisi geografis yang berbeda-beda, selain tentunya juga dapat membuat para partisipan lebih mandiri dalam menggali materi pembelajaran.

Kunjungi