Drs. H.M. Taufiq H.Z., M.H.I : Dari Ketua Pengadilan Agama Sijunjung Menuju Kursi Komisi Yudisial Pengadilan Agama Sijunjung
Terjemah Ke Bahasa Lain


logo mahkamah agung website ramah difable




Artikel Terbaru

Pengumuman

Drs. H.M. Taufiq H.Z., M.H.I : Dari Ketua Pengadilan Agama Sijunjung Menuju Kursi Komisi Yudisial

Drs. H. M.  Taufiq H.Z., M.H.I.,

Dari Ketua Pengadilan Agama Sijunjung Menuju Kursi Komisi Yudisial

“Pak Taufiq”, begitu beliau biasa disapa, merupakan sosok yang fenomenal di Pengadilan Agama Sijunjung, bukan hanya pada masa beliau masih aktif di Pengadilan Agama Sijunjung, namun juga sampai sekarang.

Memulai karirnya di Pengadilan Agama Sijunjung sejak dari Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1983 sampai puncaknya menjabat sebagai Ketua pada periode 1999-2001. Beliau merupakan Ketua kelima di Pengadilan Agama Sijunjung. Setelah menjabat ketua Pengadilan Agama Sijunjung beliau dipercaya sebagai Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang, kemudian menanjak menjadi Ketua Pengadilan Agama Padang Kelas IA. Karirnya berlanjut sebagai Hakim Tinggi Yustisial PTA Jakarta yang diperbantukan di Badan Pengawasan (BAWAS) Mahkamah Agung R.I.  Pada tahun 2014 beliau dipercayakan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta. Tahun 2015 beliau dipercayakan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. Dalam tahun yang sama beliau dipromosikan sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak. Satu tahun kemudian beliau dipercayakan sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Dan pada tahun 2018 Pak Taufiq bertugas sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung.

Sosok Pak Taufiq punya kesan istimewa di Pengadilan Agama Sijunjung maupun di kalangan tokoh atau warga Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Darmasraya,  bukan hanya karena lamanya jangka waktu pengabdiannya namun juga karena kenangan baik yang beliau tinggalkan berupa ide-ide kemajuan maupun karakter  kemepimpinan beliau yang menonjol.

Menurut Ibu Dra. Orba Susilawati, M.H.I., dulu sebagai staf di Pengadilan Agama Sijunjung era kepemimpinan Pak Taufiq, sekarang Ketua Pengadilan Agama Bukittinggi Kelas IB, “ Ide pembentukan Pengadilan Agama Pulau Punjung yang baru diresmikan pada tahun 2018 sudah dicetuskan Pak Taufiq pada masa kepemimpinannya, berawal dari kepedulian beliau terhadap masyarakat pencari keadilan dari Dharmasraya yang sulit untuk menghadiri sidang karena kendala jarak dan transportasi pada saat itu”.

Dari segi karakter kepemimpinan, Fakhru Razi, M.H.I., mantan pegawai Pengadilan Agama Sijunjung, yang sekarang menjabat Ketua Pengadilan Agama Banjar, bertutur bahwa Pak Taufiq merupakan sosok pemimpin yang tegas dan disiplin dalam menegakkan aturan dan menjalankan tugas yang dimulai dari diri beliau sendiri sebagai role model, namun beliau familiar terhadap bawahannya, beliau sangat peduli terhadap kesulitan yang dialami pegawainya. Hal ini menimbulkan rasa hormat sekaligus sayang dari bawahannya. Bagi pegawai-pegawai Pengadilan Agama Sijunjung dari luar daerah yang hidup membujang di Sijunjung, seperti Drs. Amridal, S.H.,M.A., (sekarang Hakim Tinggi MS Aceh), Afrizal, M.Ag. (sekarang Ketua Pengadilan Agama Talu), Fakhru Razi, M.H.I., diajak tinggal bersama di rumah dinas ketua, namun keakraban tersebut tidak mempengaruhi ketegasan beliau dalam urusan kantor. Disamping itu, selaku pemimpin, Pak Taufiq juga gigih dan pandai memotivasi bawahannya untuk berprestasi sehingga tidak heran banyak kader-kader Pak Taufiq semasa di Pengadilan Agama Sijunjung yang kemudian mengikuti jejak beliau sebagai pemimpin di seantero Pengadilan Agama  Indonesia.

Dari segi integritas, Pak Taufiq juga menonjol, Tim Redaksi memperoleh testimoni dari mantan pegawai Pengadilan Agama Sijunjung di era Pak Taufiq, baik yang sudah purna tugas maupun yang masih aktif bertugas di Pengadilan Agama menyatakan bahwa Pak Taufiq dikenal sebagai seorang yang jujur, tidak pernah tersandung skandal moral seperti  skandal uang, wanita, bermain perkara dan lain sebagainya. Pernah suatu kali, seorang pegawai Pengadilan Agama Sijunjung ditegur dengan keras karena memberikan ucapan terima kasih dalam bentuk uang disebabkan yang bersangkutan menilai Pak Taufiq selaku ketua telah membantu proses kenaikan pangkatnya.  Disamping itu tim redaksi juga berhasil mewawancarai salah seorang tokoh masyarakat Sijunjung, seorang pensiunan guru yang bermana Marsal Can, beliau mengenal secara dekat Pak Taufiq semasa bertugas di Sijunjung, sepanjang yang beliau ketahui Pak Taufiq mempunyai rekam jejak yang bersih, tidak pernah  terdengar keluhan atau pengaduan masyarakat Sijunjung tentang Pak Taufiq. Menurut penuturannya, Pak Taufiq juga pandai menjalin hubungan dan kerja sama yang baik dengan para pemimpin Kabupaten Sijunjung dan tokoh masyarakat.

Saat ini Pak Taufiq termasuk salah seorang peserta seleksi  Calon Anggota Komisi Yudisial yang dinyatakan lulus Seleksi Kualitas Online Pemilihan Calon Anggota Komisi Yudisial yang telah diumumkan oleh Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Komisi Yudisial secara resmi melalui surat Nomor 29/PANSEL-KY/VII/2020 pada tanggal 06 Juli 2020. Dari 107 orang peserta yang ikut bersaing, yang dinyatakan lulus sebanyak 55 orang sebagaimana tercantum dalam lampiran pengumuman panitia seleksi. Semoga Pak Taufiq lulus seleksi sampai tahap akhir untuk menjadi Anggota Komisi Yudisial.

 

 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan dibawahnya, silahkan kunjungi, baca peraturannya, serta ikuti dan masukkan penawaran anda.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI. Portal ini merupakan media pembelajaran dan pelatihan secara elektronik (eLearning) yang dikhususkan bagi warga peradilan agama di seluruh Indonesia. Banyak manfaat yang didapatkan dari program eLearning ini. Beberapa manfaat itu antara lain adalah menghemat waktu dan biaya, menjangkau lebih banyak partisipan dari berbagai daerah dengan kondisi geografis yang berbeda-beda, selain tentunya juga dapat membuat para partisipan lebih mandiri dalam menggali materi pembelajaran.

Kunjungi