Ketua PA Sijunjung: "Apapun yang Allah Takdirkan, Itulah yang Terbaik" Pengadilan Agama Sijunjung
Hari Sabtu , 07 Desember 2019
Terjemah Ke Bahasa Lain


logo mahkamah agung website ramah difable

Assalamu'alaikum Wr. Wb. | Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sijunjung | Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online




Artikel Terbaru

Pengumuman

Ketua PA Sijunjung: "Apapun yang Allah Takdirkan, Itulah yang Terbaik"

pa-sijunjung.go.id - "Apapun yang Allah Takdirkan, Itulah yang Terbaik", kata Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Bapak Abdul Havizh Martius, S.Ag., S.H., M.H, dalam kegiatan tadarus al-Qur'an dan Kultum pagi Jum'at, 8 Juni 2018. Kegiatan yang rutin di laksanakan setiap hari kerja di bulan Ramadhan ini diawali dengan membaca al-Qur'an surat al-Kahfi secara bersama-sama dalam rangka menunaikan sunnah Nabi Muhammad SAW. Setelah itu, Pak Havizh menyampaikan kultum yang beliau dasari dari surat al-Kahfi tersebut. "Surat al-Kahfi banyak mengajarkan kita soal ma'rifat, hal-hal luar biasa yang di luar nalar tetapi memiliki hikmah dan makna yang luar biasa", ujar Pak Havizh.

Pak Havizh menjelaskan bahwa dalam surat al-Kahfi ada kisah tentang pemuda kahfi yang ditidurkan Allah begitu lama. Juga ada kisah tentang Nabi Musa As dan Nabi Khidir As, serta kisah Zulqarnain. "Kisah-kisah itu mengajarkan kita bahwa Allah berbuat apa yang Dia kehendaki, namun merupakan yang terbaik bagi hambaNya", kata Pak Havizh. Pak Havizh mengemukakan bahwa kisah nabi Musa As mengajarkan kita bahwa begitu banyak hal yang kita alami, takdir yang mulanya kita tidak pahami dan tidak kita terima, namun pada akhirnya kita sadari bahwa itulah yang terbaik buat kita. "Betapa banyak rahmat Allah yang Dia berikan lewat sesuatu yang mulanya tidak kita terima, namun merupakan hal yang luar biasa kasih sayangnya untuk kita", tegas Pak Havizh.

Berkenaan dengan itu, Pak Havizh juga memberikan pesan bahwa kisah dalam surat al-Kahfi mengajarkan kita tentang melatih ego. Terlebih di bulan puasa ini. "Puasa itu melatih ego kita, karena semakin tinggi ego kita, semakin jauh kita dari Tuhan. Semakin kita memperturutkan ego kita dan tidak acuh dengan yang lain, maka kita pun semakin rendah di hadapan Tuhan. Orang yang berhasil mengalahkan egonya lah yang dapat menjadi hamba yang bagus di pandangan Tuhan. Saat egonya meminta ia untuk tidur di malam hari, namun ia kalahkan demi menghidupkan malam hari dengan ibadah kepada Allah, itulah orang yang dekat dengan Tuhan", kata Pak Havizh mengakhiri taushiyahnya.

Di akhir kegiatan, seluruh pegawai Pengadilan Agama Sijunjung berkumpul untuk saling bermaaf-maafan karena hari jum'at ini adalah hari terakhir masuk kantor sebelum cuti libur hari raya. Seluruh pegawai bersalam-salaman dan berdoa semoga Allah mengampuni seluruh dosa di bulan Ramadhan ini dan ibadah yang dikerjakan dibalasi dengan berlipat ganda oleh Allah SWT. (Zami/cpns-cakim 2018)

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan dibawahnya, silahkan kunjungi, baca peraturannya, serta ikuti dan masukkan penawaran anda.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI. Portal ini merupakan media pembelajaran dan pelatihan secara elektronik (eLearning) yang dikhususkan bagi warga peradilan agama di seluruh Indonesia. Banyak manfaat yang didapatkan dari program eLearning ini. Beberapa manfaat itu antara lain adalah menghemat waktu dan biaya, menjangkau lebih banyak partisipan dari berbagai daerah dengan kondisi geografis yang berbeda-beda, selain tentunya juga dapat membuat para partisipan lebih mandiri dalam menggali materi pembelajaran.

Kunjungi