Pedoman Pengaduan Publik Pengadilan Agama Sijunjung
Hari Senin , 30 Maret 2020
Terjemah Ke Bahasa Lain


logo mahkamah agung website ramah difable

Assalamu'alaikum Wr. Wb. | Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sijunjung | Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online


Pengadilan Agama Sijunjung mengadakan rapat terbatas menanggapi wabah Covid-19
24 Mar 2020 03:34 - Admin PA SijunjungPengadilan Agama Sijunjung mengadakan rapat terbatas menanggapi wabah Covid-19

Sijunjung| tanggal 23 Maret 2020, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, H.A.Havizh Martius, S.Ag,SH,MH, lansung memimpin rapat menyampaikan beberapa hal penting dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid [ ... ]

Selengkapnya
Senam Bersama di Jumat Sehat di PA Sijunjung
20 Mar 2020 08:17 - Admin PA SijunjungSenam Bersama di Jumat Sehat di PA Sijunjung

pa-sijunjung.go.id |20-03-2020| bertempat di Halaman Parkir Kantor Pengadilan Agama Sijunjung dilaksanakan kegiatan senam pagi bersama. Kegiatan senam bersama ini dirasakan oleh para pegawai sebagai p [ ... ]

Selengkapnya
PA Sijunjung Meraih Penghargaan dari PTA Padang
10 Mar 2020 01:14 - Admin PA SijunjungPA Sijunjung Meraih Penghargaan dari PTA Padang

Berdasarkan Surat Keputusan PTA Padang Nomor : W3-A/531/KP.05.8/II/2020, tentang Pemberian Penghargaan Kepada Satuan Kerja Berprestasi di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Padang tahun 2019, PA Sijunjun [ ... ]

Selengkapnya
Ketua PA Sijunjung turut memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74
03 Jan 2020 07:57 - Admin PA SijunjungKetua PA Sijunjung turut memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74

Ketua Pengadilan Agama Sijunjung turut memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74 dengan melaksanakan upacara bendera di Lapangan M.Yamin Muaro Sijunjung.dihadiri Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Ka [ ... ]

Selengkapnya
Rapat Evaluasi dan Pembinaan Tenaga PPNPN Tahun 2020 di PA Sijunjung
02 Jan 2020 04:47 - Admin PA SijunjungRapat Evaluasi dan Pembinaan Tenaga PPNPN Tahun 2020 di PA Sijunjung

Rapat Pembinaan dan Evaluasi seluruh tenaga Pengadaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) untuk masa bakti tahun 2020, diadakan pada hari Kamis tanggal 02 Januari 2020 pukul 10.00 WIB, berte [ ... ]

Selengkapnya
Ketua PA Sijunjung menghadiri HUT PGRI, bersama unsur Forkompimda Kabupaten Sijunjung di Lapangan Prof M Yamin SH Muaro Sijunjung
29 Nov 2019 01:19 - Admin PA SijunjungKetua PA Sijunjung menghadiri HUT PGRI, bersama unsur Forkompimda Kabupaten Sijunjung di Lapangan Prof M Yamin SH Muaro Sijunjung

Upacara bendera dalam rangka HUT KORPRI ke 48 dan  PGRI ke 74 yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola M.Yamin, SH Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatra Barat, Jum'at 29 November 2019 [ ... ]

Selengkapnya
Berita Lainnya


Website Pengadilan Agama Sijunjung

Pedoman Pengaduan Publik

 

Bagi para pihak yang berperkara di Pengadilan Agama Sijunjung dan seluruh masyarakat yang tidak puas dengan pelayanan dan/atau perilaku aparatur Pengadilan Agama Sijunjung dapat mengajukan pengaduan sebagai berikut :

PENGADUAN TERTULIS

Pengaduan tertulis dapat ditujukan melalui :

  1. Formulir Pengaduan Online di Website ini (klik link Aplikasi Pengaduan Online).
  2. Email Pengadilan Agama Sijunjung dengan alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  3. Fax: ke (0754) 20734

PENGADUAN LISAN

Pengaduan lisan dapat diajukan melalui :

  1. Telepon kepada Panitera Pengadilan Agama Sijunjung (0754) 2200565
  2. Menghadap langsung ke Humas Pengadilan Agama Sijunjung.

 

Tempat Pengaduan :

Kantor Pengadilan Agama Sijunjung, Jl. Prof. M. Yamin, SH No. 65 Muaro Sijunjung,

Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Kode Pos 27511

Telp. : (0754) 2200565 Fax. : (0754) 20734

 
Waktu:
Hari Senin s.d. Jum'at
Jam 08.00 s.d 16.30 wib

Setiap pengaduan yang disampaikan baik secara tertulis ataupun secara lisan akan diproses dan ditindaklanjuti apabila dilengkapi dengan identitas lengkap pihak yang menyampaikan pengaduan tersebut.

 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

  1. Sumber pengaduan :
    1. Dari masyarakat
      - Para pencari keadilan;
      - Pengacara;
      - Lembaga bantuan hukum;
      - Lembaga swadaya masyarakat;
      - Dewan perwakilan rakyat;
      - Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden;
      - Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara;
      - Komisi pemberantasan korupsi;
      - Komisi hokum nasional;
      - Komisi ombudsman nasional;
      - Komisi yudisial;
    2. Pengaduan dari internal lembaga pengadilan.Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya)
    3. Laporan kedinasan.Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.
    4. Informasi dari :
      - Instansi lain;
      - Media massa;
      - Isu yang berkembang
  2. Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan;
  3. Proses penanganan pengaduan
    1. Pencatatan
    2. Penelaahan
    3. Penyaluran
    4. Pembentukan Tim Pemeriksa
    5. Survey pendahuluan
    6. Menyusun rencana pemeriksaan
    7. Pelaksanaan pemeriksaan

 

 

 

No.

Uraian Kegiatan

Uraian Pelayanan

Unit/Pejabat Terkait

Waktu
Penyelesian

Ket.

A

Penanganan Laporan Pengaduan Masyarakat

  1. Petugas Pelayanan menerima pengaduan masyarakat melalui lisan, tulisan, e-mail, telepon, faksimili, sms dll.
  2. Petugas pelayanan pengaduan harus segera merespon pengaduan yang berkaitan dengan penanganan perkara yang memerlukan jawaban segera dengan memberikan jawaban langsung atau mengkorfirmasikannya kepada pejabat terkait pengadilan secepatnya.
  3. Petugas Pelayanan melaporkan tentang pengaduan masyarakat / publik tersebut kepada pejabat terkait atau pejabat yang diberi kewenangan untuk menangani pengaduan dimaksud.
  4. Pejabat terkait atau pejabat yang diberi kewenangan untuk menangani pengaduan tersebut mempelajari dan menelaah hal-hal yang dilaporkan masyarakat/publik tersebut untuk selanjutnya dilaporkan kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti.
  5. Pimpinan menindaklan-juti bila perlu dengan melakukan koordinasi dengan pihak/pejabat terkait yang berhubung-an dengan pengaduan masyarakat/publik tersebut.
  6. Pimpinan memberikan jawaban terhadap pengaduan masyarakat /publik tersebut baik secara langsung, surat, e-mail, faksimili, telepon, sms dll.

Petugas Pelayanan Masyrakat

0 Menit


1 X 24 Jam




30 Menit




30 Menit




30 Menit



30 Menit

 

B.

 

 

 

 

 

 

Publikasi terhadap Laporan Pengaduan Masyarakat.

 

 

 

 

 

  1. Petugas melakukan inventarisasi laporan pengaduan masyarakat /publik dan penanganannya/tindak lanjut terhadap pengaduan tersebut.
  2. Ketua Pengadilan melakukan publikasi terhadap penanganan laporan pengaduan masyarakat/publik melalui website, laporan tahunan, papan pengumuman, tv media atau alat informasi lainnya yang tersedia di kantor pengadilan.
  3. Publikasi pengaduan tersebut dibuat dalam bentuk laporan yang memuat tahap penangan, hasil yang dicapai, jumlah pengaduan yang diterima serta ditembuskan kepada Ketua PTA. Makassar

Petugas Pelayanan Masyrakat

 

15 Menit



15 Menit



15 Menit

 

Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim
  2. Penyalahgunaan wewenang atau jabatan
  3. Pelanggaran sumpah jabatan
  4. Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer
  5. Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral,asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat
  6. Pelanggran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman
  7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif
  8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum
 

A. Hak Pelapor

  1. Mendapatkan perlindungan kerahasian identitas
  2. Mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun
  3. Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan pengaduan yang didaftarkan
  4. Mendapatkan perlakukan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan

B. Hak Terlapor

  1. Membuktikan bahwa ia tidak bersalah dengan mengajukan saksi dan alat bukti lain
  2. Meminta berita acara pemeriksaan (BAP) dirinya

C. Hak Institusi Pemeriksa

  1. Merahasiakan kesimpulan dan hasil rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan kepada pihak Terlapor, Pelapor dan pihak-pihak lain selain kepda Pejabat yang berwenang mengambil keputusan
  2. Menentukan jangka waktu yang memadai untuk menangani suatu pengaduan berdasarkan tingkat kesulitan penganganan dalam hal jangka waktu yang ditetapkan dalam pedoman ini terlampaui
 

Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut :

a. Memeriksa pengaduan, meliputi :

  • Indentitas pengadu;
  • Relepansi kepentingan pengadu;
  • Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya;
  • Bukti-bukti yang dimiliki pengadu.

b. Memeriksa pihak-pihak yang terkait.Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut.

c. Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi :

  • Identitas;
  • Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat;
  • Klarifikasi atas hal yang dilaporkan.

d. Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya.

e. Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir.

f. Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan).

g. Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan).

 
 
 

Link Terkait :

Download : SK KMA - 216/KMA/SK/XII/2011 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan

 

 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan dibawahnya, silahkan kunjungi, baca peraturannya, serta ikuti dan masukkan penawaran anda.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI. Portal ini merupakan media pembelajaran dan pelatihan secara elektronik (eLearning) yang dikhususkan bagi warga peradilan agama di seluruh Indonesia. Banyak manfaat yang didapatkan dari program eLearning ini. Beberapa manfaat itu antara lain adalah menghemat waktu dan biaya, menjangkau lebih banyak partisipan dari berbagai daerah dengan kondisi geografis yang berbeda-beda, selain tentunya juga dapat membuat para partisipan lebih mandiri dalam menggali materi pembelajaran.

Kunjungi