Mekanisme Pengajuan Atas Hasil Pengadaan Barang dan Jasa Pengadilan Agama Sijunjung
Hari Ahad , 16 Juni 2019
Terjemah Ke Bahasa Lain


logo mahkamah agung website ramah difable

Assalamu'alaikum Wr. Wb. | Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sijunjung | Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online


Wakil Ketua PA Sijunjung silahturrahmi ke Kemenag Sijunjung
11 Jun 2019 03:53 - Admin PA SijunjungWakil Ketua PA Sijunjung silahturrahmi ke Kemenag Sijunjung

Sijunjung| Selasa 11 Juni 2019 Pengadilan Agama Sijunjung Kunjungi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung mereka adalah Wakil Ketua Armen Ghani,S.Ag, MA bersama Panitera Kasmidar, S.Ag serta Ida [ ... ]

Selengkapnya
Apel Pagi Perdana Setelah Libur Hari Raya Idul Fitri
10 Jun 2019 01:19 - Admin PA SijunjungApel Pagi Perdana Setelah Libur Hari Raya Idul Fitri

Sijunjung|Senin 10 Juni 2019, Pengadilan Agama Sijunjung melaksanakan apel rutin. dimulai pukul 08.00 WIB apel di pimpin oleh Julnaidi Caniago dan H.A.Havizh Martius, S.Ag,SH,MH sebagai pembina apel.  [ ... ]

Selengkapnya
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila
01 Jun 2019 02:24 - Admin PA SijunjungUpacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Sijunjung|Pada pagi hari ini, Sabtu 01 Juni 2019 kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Panca [ ... ]

Selengkapnya
Ketua PA Sijunjung menjadi Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 111 di Pemkab Sijunjung
20 May 2019 02:56 - Admin PA SijunjungKetua PA Sijunjung menjadi Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 111 di Pemkab Sijunjung

Muaro, MC Sijunjung –Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, H. A. Havizh Martius, S.Ag, SH, MH bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 111 yang dilaksan [ ... ]

Selengkapnya
"Kurang dari Satu Minggu "
17 May 2019 07:30 - Admin PA Sijunjung

Sijunjung| Kurang dari satu minggu Pengadilan Agama Sijunjung  kembali menggelar acara Perpisahan Pegawai Pengadilan Agama Sijunjung yang dilaksanakan pada hari Rabu15 Mei 2019, pukul 17.00 WIB di R [ ... ]

Selengkapnya
Pelantikan Wakil Ketua PA Sijunjung
16 May 2019 05:09 - Admin PA SijunjungPelantikan Wakil Ketua PA Sijunjung

Rabu, 15 Mei 2019, Alhamdulillah setelah kursi jabatan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sijunjung telah lama kosong, pada hari ini sesuai dengan Persetujuan Tim Promosi dan Mutasi Hakim Mahkamah Agung RI  [ ... ]

Selengkapnya
Berita Lainnya


Website Pengadilan Agama Sijunjung

Mekanisme Pengajuan Atas Hasil Pengadaan Barang dan Jasa

Mekanisme Keberatan Dan Pengaduan Atas Hasil Pengadaan Barang Dan Jasa

1

Kepada peserta lelang yang berkeberatan atas penetapan pemenang lelang diberikan kesempatan untuk mengajukan sanggahan secara tertulis, selambat-lambatnya dalam waktu 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman pemenang lelang.

2

Sanggahan disampaikan kepada pejabat yang berwenang menetapkan pemenang lelang, disertai bukti-bukti terjadinya penyimpangan, dengan tembusan disampaikan sekurang-kurangnya kepada unit pengawasan internal. Sanggahan yang disampaikan kepada bukan pejabat yang berwenang menetapkan pemenang lelang dianggap sebagai pengaduan dan tetap harus ditindaklanjuti.

3

Sanggahan wajib diajukan oleh peserta lelang baik secara sendiri-sendiri maupun bersama dengan peserta lelang lain apabila telah terjadi penyimpangan prosedur yang merugikan negara dan/atau masyarakat dirugikan, meliputi:

 

a.

Panitia/pejabat pengadaan dan/atau pejabat yang berwenang menyalahgunakan wewenangnya; dan/atau

 

b.

Pelaksanaan pelelangan menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa; dan/atau

 

c.

Terjadi praktek KKN di antara peserta lelang dan/atau dengan anggota panitia/pejabat pengadaan/ pejabat yang berwenang; dan/atau

 

d.

Terdapat rekayasa pihak-pihak tertentu yang mengakibatkan pelelangan tidak adil, tidak transparan dan tidak terjadi persaingan yang sehat.

4.

Panitia/pejabat pengadaan sepenuhnya bertanggung jawab atas seluruh proses pelelangan dan hasil evaluasi yang dilakukan. Panitia/pejabat pengadaan wajib menyampaikan bahan-bahan, yang berkaitan dengan sanggahan peserta lelang yang bersangkutan baik secara tertulis maupun lisan kepada pejabat yang berwenang memberikan jawaban atas sanggahan tersebut.

5

Pejabat yang berwenang menetapkan pemenang lelang memberikan jawaban tertulis selambatlambatnya dalam 5 (lima) hari kerja atas sanggahan tersebut secara proporsional sesuai dengan masalahnya dengan ketentuan sebagai berikut :

 

a

Apabila pelaksanaan evaluasi tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa karena kesalahan atau kelalaian panitia/pejabat pengadaan, maka pejabat yang berwenang memerintahkan panitia/pejabat pengadaan melakukan evaluasi ulang;

 

b

Apabila terbukti terjadi KKN antara pejabat yang berwenang, anggota panitia/pejabat pengadaan dengan peserta lelang tertentu yang merugikan peserta lainnya, maka diambil tindakan dengan memberhentikan pejabat/anggota panitia/pejabat pengadaan dari jabatannya dan menggugurkan penawaran peserta yang terlibat KKN tersebut. Kemudian pejabat yang berwenang mengganti panitia/ pejabat pengadaan dengan pejabat lain untuk melakukan evaluasi ulang;

 

c

Peserta lelang yang terlibat KKN dan rekayasa sebagaimana pada butir 3).c) dan butir 3).d) dikenakan sanksi berupa pencairan jaminan penawaran dan dilarang untuk mengikuti kegiatan pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah selama 1 (satu) tahun;

 

d

Apabila pelaksanaan pelelangan tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa, maka dilakukan pelelangan ulang dimulai dari pengumuman kembali oleh panitia/pejabat pengadaan yang baru.

6

Apabila peserta lelang yang menyanggah tidak dapat menerima jawaban atas sanggahan dari pengguna barang/jasa, maka peserta lelang tersebut dapat mengajukan sanggahan banding kepada Menteri/Panglima TNI/ Kapolri/Kepala LPND/Gubernur/Bupati/Walikota/Dewan Gubernur BI/ Pimpinan BHMN/Direktur Utama BUMN/BUMD, selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sejak diterimanya jawaban sanggahan tersebut. Sedangkan proses pengadaan dapat dilanjutkan tanpa harus menunggu hasil keputusan tersebut.

 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan dibawahnya, silahkan kunjungi, baca peraturannya, serta ikuti dan masukkan penawaran anda.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI. Portal ini merupakan media pembelajaran dan pelatihan secara elektronik (eLearning) yang dikhususkan bagi warga peradilan agama di seluruh Indonesia. Banyak manfaat yang didapatkan dari program eLearning ini. Beberapa manfaat itu antara lain adalah menghemat waktu dan biaya, menjangkau lebih banyak partisipan dari berbagai daerah dengan kondisi geografis yang berbeda-beda, selain tentunya juga dapat membuat para partisipan lebih mandiri dalam menggali materi pembelajaran.

Kunjungi