Print
Dec
08

Hakim Agung Meresmikan Peluncuran Buku Kerapatan Qadhi dan Majalah Digital PA Pelaihari

User Rating: / 0
PoorBest 

Hakim Agung Meresmikan Peluncuran Buku Kerapatan Qadhi dan Majalah Digital PA Pelaihari

“Dengan bermunajat kepada Allah SWT, pada hari ini Rabu, 26 November 2014 Buku Kerapatan Qadhi, Pendaftaran Perkara Online dan Majalah Digital PA Pelaihari saya launching secara resmi dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim” Kata Hakim Agung (Foto:Ridwan).

Banjarmasin | pa-pelaihari.go.id
Hakim Agung Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.Hum. resmi melaunching Buku Kerapatan Qadhi, Pendaftaran Perkara Online dan Majalah Digital PA Pelaihari.  Acara yang digelar di Hotel Blue Atlantic Banjarmasin pada Rabu (26/11) Pukul 10.00 WITA dihadiri oleh Hakim Agung Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.M. KPTA Samarinda Drs. H. M. Yamin Awie, S.H, M.H., KPTA Maluku Utara Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H, M.H, Hakim Tinggi PTA Palangkaraya Drs. H. Wardi Syukri, S.H., M.H., Sekjen Badilag H. Tukiran, S.H., M.M. Gubernur beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Program Magister Hukum Ekonomi Syariah IAIN Antasari Banjarmasin Dr. Muhaimin, S.Ag., MA. dan pimpinan lembaga lainnya.
 
Acara diawali dengan pemutaran video launching berdurasi 15 menit. Begitu video diputar seluruh lampu ruangan dimatikan sehingga suasana semakin sakral. Paduan narasi dengan pengisi suara serta musik pengiring berjalan seirama dan foto pilihan yang disajikan membuat hadirin terpukau.

Gubernur memberikan apresiasi kepada KPTA Banjarmasin yang telah berhasil melahirkan karya besar berupa Buku Kerapatan Qadhi di Kalimantan Selatan. Buku tersebut merupakan refleksi sejarah yang mencerminkan kualitas keilmuan pelaku sejarah pada masanya. Gubernur secara khusus memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Drs. H. Djafar Abdul Muchith, S.H., M.H.I. teriring harapan semoga Buku Kerapatan Qadhi Dari Kampung Qadhi menuju Peradilan Modern (Refleksi 77 Tahun Kerapatan Qadhi dan 10 Tahun Peradilan Satu Atap) bermanfaat bagi masyarakat luas. Demikian apresiasi Gubernur melalui Kepala Biro Kesra Sekda Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Herman Taufan. 

Senada dengan Gubernur, Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Dr. H. Andi Samsu Alam, S.H., M.H. melalui Dr. H. Ahmad Kamil, S.H. M.Hum. juga memberikan ucapan selamat kepada KPTA Banjarmasin. Ia mengaku takjub dengan penggagas buku tersebut yang mampu melahirkan karya terbaik bagi masyarakat Kalimantan Selatan padahal masa baktinya tinggal satu minggu lagi. "Saya mengenal Beliau sebagai sosok yang sangat bersemangat memberikan manfaat bagi orang lain. Buktinya hari ini Beliau masih sempat menyelenggarakan rapat koordinasi dan evaluasi  di penghujung masa jabatannya" Ujarnya.

Dalam pidatonya H. Ahmad Kamil juga mengaku takjub dengan empat hakim muda kreatif yang berperan sebagai penulis naskah buku Kerapatan Qadhi. "Saya yakin mereka memiliki kemampuan luar biasa, alhamdulillah kita memiliki tunas-tunas muda yang kelak siap menerima estafet kepemimpinan dari seniornya. Saya  juga kagum dengan Pak Tadjuddin yang setahu saya sudah pensiun namun masih meluangkan waktunya untuk memnyusun buku. Beliau ibarat bidan senior yang berperan dalam proses lahirnya sebuah buku" Ungkapnya.

Dari kiri : Abdurrahman, Edi Hudiata, Hakim Agung Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.Hum, Muh. Irfan Husaeni dan Natsir Asnawi. (Foto: Ayub).


Terkait buku bernuansa historis itu H. Ahmad Kamil atas nama Mahkamah Agung berterimakasih kepada KPTA Banjarmasin sebagai kemudinya dan semua pihak yang terlibat dalam proses penyususnan buku. Seandainya buku tersebut belum sempurna ia mengatakan tidak masalah karena di kemudian hari dapat direvisi. Ia mengibaratkan dalam sebuah proses kelahiran yang ditunggu bukanlah jenis kelaminnya, bukan cantik-ganteng tidaknya akan tetapi yang ditunggu adalah kelahirannya itu sendiri. 

Lebih lanjut Ia berpendapat bahwa buku tersebut nilai jualnya sangat tinggi karena historisnya dan pelaku-pelaku sejarahnya dan juga tokoh utamanya yaitu Syekh Arsyad Al-Banjari dan hal yang demikian itu tidak dijumpai di PTA yang lain. Pidato dilanjutkan dengan pernyataan launching secara resmi dan penandatanganan piagam launching serta penyerahan Buku dan Majalah PA Pelaihari kepada Hakim Agung.

Ketua PA Pelaihari Drs. H. Amir Husin, S.H., mengatakan bahwa launching Majalah PA Pelaihari terlaksana berkat jasa dan kebaikan KPTA Banjarmasin yang sedang melaunching Buku Kerapatan Qadhi Dari Kampung Qadhi Menuju Peradilan Modern “Karena ini momentum bagus, beberapa waktu lalu saya bersama Pansek PA Pelaihari mohon kepada KPTA supaya Majalah Digital PA Pelaihari dan pendaftaran perkara online dimasukkan pula dalam acara tersebut untuk dilaunching” Ungkap Ketua. 

KPTA Banjarmasin memberikan Buku Kerapatan Qadhi kepada Hakim Agung dan panitia membagikannya kepada tamu undangan (Foto: Ridwan).

Sementara Pansek PA Pelaihari Drs. Abdul Mujib menginfokan bahwa untuk pendaftaran perkara secara online PA pelaihari telah menerima dua perkara, satu perkara sudah putus dan satunya lagi tidak dilanjutkan.

Sebagai Pimred Majalah Digital PA Pelaihari Abdul Mujib menjelaskan bahwa saat ini Majalah sudah sampai edisi II. Edisi pertama menurunkan laporan utama tentang pelayanan publik di PA Pelaihari dan pada edisi kedua menurunkan laporan utama seputar Buku Kerapatan Qadhi meliputi peran serta PA Pelaihari dan Behind The Scene yang sangat menarik. “Tidak lengkap membaca buku Kerapatan Qadhi kalau tidak membaca proses pembuatannya dan itu ada di majalah” Ujar Pimred mempromosikan.

Ketua dan Pansek PA Pelaihari menyerahkan Majalah kepada Sekjen Badilag setelah sesi materi pembinaan SDM (Foto: Irfan).

 Lebih lanjut Pimred memaparkan bahwa selain laporan utama juga ada laporan khusus berisi prestasi PA Pelaihari, biografi tokoh, opini, suara kampus. Redaksi juga menyediakan rubrik curhat berisi keluh kesah karyawan, cermin berisi kisah keteladanan dan mehalabiu/humor sebagai tulisan ringan serta resensi buku.

Acara launching buku merupakan bagian acara yang dikemas dalam Rakor dan Evaluasi yang diikuti oleh Ketua, Wakil dan Pansek Wilayah Hukum PTA Banjarmasin. Rakor dan Evaluasi dilaksanakan selama tiga hari (25-27/11). Hari pertama peserta mendengarkan pembinaan Hakim Agung  Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.H. yang menyampaikan materi Manajemen Peradilandan dan hari kedua ceramah oleh Hakim Agung Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H. yang menyampaikan materi Kapita Selekta Hukum Islam dilanjutkan Pembinaan SDM oleh Sekjen Badilag H. Tukiran, S.H., M.M. (Muh).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibaca: kali

Sumber berita ini adalah
Seputar DItjen Badilag

Written by Adil Fakhru Roza.

Dukungan Online

Jangan ragu untuk menghubungi kami:
Support1
Support2

Email
pa.sijunjung@pta-padang.go.id

Jumlah Kunjungan penghitung jumlah kunjungan web per hari

640602
Hari IniHari Ini12
KemarinKemarin325
Minggu IniMinggu Ini706
Bulan IniBulan Ini3939
Total KunjunganTotal Kunjungan640602

Jejak Pendapat anda dapat berpartisipasi dengan memilih

Penilaian anda terhadap web kami yang baru